Material Baja dan Besi

Besi WF atau juga Wide Flange sering digunakan dalam konstruksi baja. Besi WF merupakan salah satu besi yang memiliki kekuatan sangat tinggi pada kekuatan tekan ataupun kekuatan tarik. Tidak heran jika besi WF dijadikan salah satu elemen struktur dengan batas yang sempurna untuk menahan beban dan tarik, seperti menahan jenis beban tarik aksial, tekan aksial. Bahkan, besi ini memiliki kepadatan yang tinggi sehingga tidak akan terlalu berat dalam kapasitas muat beban tetapi memberikan bentuk struktur bahan atau konstruksi yang digunakan menjadi lebih efisien.

Sistem konstruksi besi baja WF adalah dari kombinasi elemen atau struktur yang cukup rumit. Dengan kombinasi tersebut, maka sangat membantu dalam membawa beban menjadi lebih efektif dan aman dari semua gaya yang terjadi dan kemudian akan masuk ke pondasi. Gaya yang dimaksud adalah beban vertikal, horizontal, perbedaan suhu atau juga getaran dan bahkan lainnya. Bahkan, besi baja memiliki berbagai unsur penting yang dapat menahan gaya lateral dan gaya grafitasi.

Sedangkan yang kedua ada besi H Beam yang menggunakan proses cenai panas. Besi H Beam merupakan sebuah balok baja yang dalam istilah inggris dikenal dengan Hot Rolled. Seperti namanya, besi ini memiliki bentuk huruf H yang lebar dan sering digunakan dalam pembangunan konstruksi gedung, jembatan, atau lainnya.

Keduanya memiliki tekanan dan fungsi yang berbeda. Selain itu, baja profil H Beam dilengkapi dengan dimensi ukuran lebar dan kuping yang sama tetapi pada besi WF, menjadi lebih lebar dibagian kupingnya. Kalau ukuran dimensinya adalah 100 mm x 100 mm maka ini adalah ukuran profil H Beam, tetapi kalau dimensinya sudah berbeda misalnya 200 mm x 100 mm maka ini tergolong sebagai profil WF.

H Beam digunakan sebagai pasangan dari baja profil WF dan bisa dijadikan kolom atau tiang pada struktur gedung

 

Descripsi Material pada kontruksi baja , bangun gudang dan pabrik

H-beam

Di antara jenis jenis besi baja yang biasa digunakan untuk konstruksi bangunan, varian besi H-beam adalah yang paling terkenal.

H-beam adalah besi baja berbentuk balok yang secara teknis disebut hot rolled dan memiliki bentuk serupa huruf H.

Besi H-beam sering digunakan untuk membangun konstruksi besi pada jembatan dan juga proyek gedung-gedung besar.

Wide Flange

Besi Wide Flange (WF) memiliki bentuk yang serupa dengan besi H-beam dan biasa digunakan sebagai material konstruksi besi baja dalam konstruksi bangunan.

Perbedaannya, kekuatan besi WF jauh lebih tinggi baik itu pada gaya tekan maupun gaya tariknya.

Tak heran bila besi konstruksi satuini dapat menjadi material untuk struktur konstruksi bangunan yang lebih efisien.

 

Jenis Besi Siku

Sesuai namanya, besi siku adalah varian besi yang berbentuk siku dengan sudut kemiringan 90 derajat.

Jenis jenis besi siku tersedia dalam ukuran yang bervariasi dimulai dari ukuran 2 cm, 3 cm, 4 cm, hingga 5 cm.

Besi siku banyak digunakan untuk konstruksi besi pada tangga, rak besi, menara air, dan kebutuhan konstruksi lainnya.

 

Jenis Besi Plat

Besi plat adalah bahan baku utama untuk membuat berbagai mesin, kendaraan beroda empat, kapal, dan keperluan industri lainnya.

Namun, besi berbentuk lempengan ini juga sering digunakan untuk berbagai kebutuhan konstruksi bangunan dan alat-alat rumah tangga.

Penggunaan besi plat untuk konstruksi sangat baik karena varian besi ini terkenal memiliki daya tahan terhadap korosi yang sangat baik.

 

Wiremesh

Bila Anda mencari jenis jenis besi untuk pagar, maka varian wiremesh adalah salah satu pilihan terbaik.

Besi wiremesh memiliki tampilan seperti anyaman kawat dan biasanya berbentuk kotak-kotak atau jajar genjang.

Selain bisa untuk membuat pagar beton, besi wiremesh juga sering digunakan untuk penguat dak beton atau plat lantai pada sebuah bangunan.

Besi Konstruksi CNP & UNP

Jenis jenis besi untuk konstruksi memang sangat beragam jenisnya, ada lagi yang disebut CNP dan UNP.

Kedua varian besi tersebut selayaknya dua bersaudara namun berbeda bentuk dan fungsi.

Besi CNP berbentuk seperti huruf C dan sering digunakan untuk konstruksi besi pada rangka atap dan rangka lainnya.

Sedangkan besi UNP berbentuk huruf U dan biasa digunakan sebagai balok penutup pada atap serta penopang pada dinding.

Kedua besi konstruksi ini merupakan material penting yang hampir selalu ada dalam setiap konstruksi bangunan.

CNP

UNP

 

 

 

 

 

 

Keyword:

Kontraktor bangunan, Kontraktor Interior, Design Interior, Kontraktor gudang, kontraktor, desain interior, modern interior design, kitchen interior design, renovasi rumah, kontraktor rumah, kontruksi bangunan, bangun rumah, jasa kontraktor, kontruksi bangunan, renovasi, rumah murah, interior furniture, rumah minimalis

kontraktor bangunan, kontraktor interior, kontraktor gudang, kontraktor renovasi, kitchen set, kontraktor di jakarta barat, kontraktor di jakarta, jasa pengecatan, cat anti noda, cat easy clean, jasa kontraktor gudang, kontraktor, kontraktor bangunan, kontraktor di jakarta barat, kontraktor gudang dan pabrik, kontraktor interior, kontraktor kontruksi baja, kontraktor pabrik, kontraktor renovasi

× WA Chat Kontraktor Gudang